Ads Top

8 Shalawat yang Diajarkan Rasulullah ini Punya Segudang Manfaat, inilah Keutamaannya

BINAJATI - https://binajati.blogspot.com

BINAJATI - Ada empat hal yang memotivasi Umat Muhammad untuk senantiasa bershalawat kepada beliau shallallahu 'alaihi wasallam.

Alasan pertama kita harus bershalawat adalah bentuk ketaatan kita kepada Allah. Karena sesungguhnya Allah dan para Malaikat-Nya pun bershalawat. Seperti yang difirmankan Allah dalam Al Qur'an Al-Ahzab Ayat 56 berikut,

اِنَّ اللّٰهَ وَمَلٰٓئِكَتَهٗ يُصَلُّوْنَ عَلَى النَّبِيِّ ۗ يٰۤـاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا
Artinya: Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Wahai orang-orang yang beriman! Bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam dengan penuh penghormatan kepadanya.
Sebab kedua Umat Muhammad harus bershalawat adalah sebagai realisasi bentuk kecintaan kita kepada Sang Baginda Nabi shallallahu 'alaihi wasallam.

Kecintaan kita kepada Sang Baginda Nabi, meski hanya sebesar biji sawi (sekalipun), maka hal tersebut bisa menjadi jembatan emas untuk bertemu beliau. Dan melesatkan jiwa kewalian kita kehadirat Allah.

Baca juga:
• Inilah Waktu Terbaik Baca Shalawat, Luar Biasa Manfaatnya

•  2 Hal Ghaib yang Harus Anda Tahu Tentang Alam Mimpi 


Yes, semua berawal dari cinta. Maka di antara adan hati sebelum bershalawat adalah dengan membangun rasa cinta kepada beliau. Karena sebesar apapun ketaatan kita di dalam menjalankan sunnah, sebanyak apapun kita bershalawat, maka hal tersebut tak akan bisa 'mengalahkan' kecintaan kita kepada Rasulullah.

Dari rasa cinta kepada Rasulullah, maka hal tersebut akan melahirkan rasa cinta dan 'kearifan' pada semesta. Cinta di atas cinta, kebenaran di atas kebenaran. Itulah hakikat, cahaya di atas cahaya.

Fakta ketiga dari alasan kita harus bershalawat adalah ingin dicintai Allah dan Rasul-Nya. Selain itu, dengan bershalawat tentu kita juga rindu untuk dikumpulkan dengan para wali-Nya.

Mungkin Anda belum mampu menjadi orang yang baik, namun kecintaanmu kepada Rasulullah dan orang-orang yang shaleh, dan para ulama akan mampu memberi energi untuk menjadi pribadi yang lebih baik.

Kecintaan kepada Rasulullah dengan senantiasa bershalawat, dan dengan wujud ingin selalu berkumpul juga merendahkan hati di hadapan para ulama dan orang-orang shalih adalah salah satu cara untuk memperindah pribadi kita. Dengan begitu, kita pun bisa berharap ketika Allah menatap hati para kekasih-Nya; di hati mereka tertulis nama kita. Dan hal tersebut akan membuat Allah membiarkan diri kita selalu bersama mereka (di tempat terbaik-Nya).

Yes, begitulah, semua karena cinta. Karena sesungguhnya kita akan dikumpulkan dengan orang-orang yang kita cintai.
. . . Engkau bersama yang engkau cintai - HR. Bukhari dan Muslim
Jadi, sebejat apapun diri Anda, teruslah bersama dengan orang-orang shalih. Meskipun itu hanya sekejap mata. Teruslah belajar untuk mencintai Allah, Rasul-Nya dan orang-orang shalih. Dengan begitu, maka cinta Anda akan memantul kembali pada dirimu. Dan berbuah hidayah plus cinta-Nya.

Baca juga: 4 Rahasia Kekuatan Basmallah yang Tidak Disangka-sangka

Dan bagi Anda yang sudah sok shalih, penulis ingatkan, "Jangan engkau olok-olok bila ada ahli maksiat yang mencintai ulama dengan senantiasa membersamainya. Baik ketika masih hidup, maupun ketika sudah wafat (dengan menziarahi kuburnya)."

Inilah alasan keempat (terakhir), mengapa kita harus bershalawat. Yaitu sebagai sumber keutamaan.

Rahasia Terpendam dari Shalawat, Manfaat dan Keutamaannya


[1]

“Manusia yang paling utama terhadap diriku pada hari kiamat, ialah manusia yang paling banyak bershalawat untukku.” (HR. Al-Turmudzî)

[2]
“Diriwayatkan dari Abdullah bin ‘Amr bin al-‘Ash, bahwasanya dia mendengar Nabi SAW bersabda: ‘Bila kalian mendengar seorang muadzin maka ucapkanlah seperti apa yang dia ucapkan kemudian bershalawatlah padaku. Karena sesungguhnya barangsiapa yang bershalawat kepadaku satu kali, maka Allah akan bershalawat kepadanya sebanyak sepuluh kali. Kemudian mintalah wasilah pada Allah SWT untukku. Karena sesungguhnya wasilah itu adalah sebuah tempat di surga yang pantas hanya bagi seorang hamba dari hamba-hamba Allah SWT dan aku berharap akulah hamba tersebut. Barangsiapa yang memintakan wasilah kepada Allah SWT untukku, dia akan mendapatkan syafaat.”(H. R. Abu Daud)

[3]
“Janganlah kamu menjadikan rumah-rumahmu sebagai kuburan, dan janganlah kamu menjadikan kuburanku sebagai persidangan hari raya. Bershalawatlah kepadaku, karena sesungguhnya shalawatmu akan sampai kepadaku di mana saja kamu berada.” (HR. Al-Nasâ’i)

[4]
“Barangsiapa bershalawat untukku sekali, niscaya Allah bershalawat untuknya sepuluh kali.” (HR. Muslim)

[5]
“Barangsiapa bershalawat kepadaku satu kali, maka Allah akan bershalawat kepadanya sebanyak sepuluh kali dan Allah akan menghapus sepuluh keburukan darinya serta mengangkatnya sepuluh darajat.” (H. R. An-Nasai dari Anas bin Malik)

8 Bacaan Shalawat dalam Hadis Shahih, Yuk Amalkan!

BINAJATI - https://binajati.blogspot.com

[1]
اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى نَبِيِّنَا مُحَمَّدٍ
Allahumma shallii wa sallim ‘alaa nabiyyinaa Muhammad.
Artinya: Ya Allah, limpahkanlah shalawat dan salam kepada Nabi kami Muhammad - HR. At-Thabrani

[2]
اللهم صل على محمد وعلى آل محمد كما صليت على إبراهيم وعلى آل إبراهيم إنك حميد مجيد اللهم بارك على محمد وعلى آل محمد كما باركت على إبراهيم وعلى آل إبراهيم إنك حميد مجيد
Allaahumma shalli ‘alaa Muhammad wa ‘alaa aali Muhammad kamaa shallaita ‘alaa ibraahiim wa ‘alaa aali ibraahiim innaka hamiidum majiid, Allaahumma baarik ‘alaa Muhammad wa ‘alaa aali Muhammad kamaa baarokta ‘alaa ibraahiim wa ‘alaa aali ibraahiim innaka hamiidum majiid.
Artinya: Ya Allah berilah shalawat kepada Muhammad dan kepada keluarga Muhammad sebagaimana Engkau telah bershalawat kepada Ibrahim dan keluarga Ibrahim, Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji (lagi) Maha Mulia. Ya Allah, Berkahilah Muhammad dan keluarga Muhammad sebagaimana Engkau telah memberkahi Ibrahim dan keluarga Ibrahim, Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji (lagi) Maha Mulia - HR. Bukhari, dan Abu Dawud

[3]
اللهم صل على محمد وعلى أزواجه وذريته كما صليت على إبراهيم ، وبارك على محمد وعلى أزواجه وذريته كما باركت على إبراهيم ، إنك حميد مجيد
Allaahumma shalli ‘alaa Muhammadin wa ‘alaa azwaajihi wa dzurriyyatihikamaa shol laita ‘alaa ibraahiim, wa baarik ‘alaa Muhammadin wa ‘alaa azwaajihi wa dzurriyyatihikamaa baarokta ‘alaa ibraahiim innaka hamiidum majiid.
Artinya: Ya Allah,berilah shalawat kepada Muhammad dan kepada isteri-isteri beliau dan keturunannya,sebagaimana Engkau telah bershalawat kepada Ibrahim. Ya Allah, Berkahilah Muhammad dan isteri-isteri beliau dan keturunannya, sebagaimana Engkau telah memberkahi Ibrahim,Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji (lagi) Maha Mulia - HR. Bukhari dan Muslim

[4]
اللهم صل على محمد وعلى آل محمد كما صليت على آل إبراهيم وبارك على محمد وعلى آل محمد كما باركت على آل إبراهيم في العالمين إنك حميد مجيد
Allaahumma shalli ‘alaa Muhammad wa ‘alaa aali Muhammad kamaa shol laita ‘alaa aali ibraahiim ,wa baarik ‘alaa Muhammad wa ‘alaa aali Muhammad kamaa baarokta ‘alaa aali ibraahiim fil ‘aalamiina innaka hamiidum majiid.
Artinya: Ya Allah berilah shalawat kepada Muhammad dan kepada keluarga Muhammad sebagaimana Engkau telah bershalawat kepada Ibrahim, dan berkahilah Muhammad dan keluarga Muhammad sebagaimana Engkau telah memberkahi keluarga Ibrahim atas sekalian alam, Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji (lagi) Maha Mulia - HR Muslim dan Abu Dawud

[5]
للهم صل على محمد النبي الأمي وعلى آل محمد كما صليت على إبراهيم وعلى آل إبراهيم وبارك على محمد النبي الأمي وعلى آل محمد كما باركت على إبراهيم وعلى آل إبراهيم إنك حميد مجيد
Allaahumma shalli ‘alaa Muhammadin nabiyyil ummiyyi wa ‘alaa aali Muhammad kamaa shol laita ‘alaa ibraahiim wa ‘alaa aali ibraahiim, wa baarik ‘alaa Muhammadin nabiyyil ummiyyi wa ‘alaa aali Muhammad kamaa baarokta ‘alaa ibraahiim wa ‘alaa aali ibraahiim innaka hamiidum majiid.
Baca juga: 9 Tanda Allah 
Menerima Istighfar dan Taubat Anda dengan Berjuta Keutamaan


Artinya: Ya Allah berilah shalawat kepada Muhammad yang ummi dan kepada keluarga Muhammad, sebagaimana Engkau telah memberi bershalawat kepada Ibrahim dan keluarga Ibrahim.Dan berkahilah Muhammad Nabi yang ummi dan keluarga Muhammad sebagaimana Engkau telah memberkahi keluarga Ibrahim dan keluarga Ibrahim, Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji (lagi) Maha Mulia - HR. Abu Dawud dan An Nasa-i

[6]
اللهم صل على محمد عبدك ورسولك كما صليت على آل إبراهيم وبارك على محمد وعلى آل محمد كما باركت على إبراهيم
Allaahumma shalli ‘alaa Muhammadin ‘abdika wa rosuulika kamaa shol laita ‘alaa aali ibraahiim, wa baarik ‘alaa Muhammad wa ‘alaa aali Muhammad kamaa baarokta ‘alaa ibraahiim.
Artinya: Ya Allah berilah shalawat kepada Muhammad hambaMu dan RasulMu, sebagaimana Engkau telah bershalawat kepada Ibrahim. Dan berkahilah Muhammad dan keluarga Muhammad, sebagaimana Engkau telah memberkahi Ibrahim - HR Bukhari dan An Nasa-i

[7]
اللهم صل على محمد وعلى أهل بيته وعلى أزواجه وذريته كما صليت على آل إبراهيم إنك حميد مجيد وبارك على محمد وعلى أهل بيته وعلى أزواجه وذريته كما باركت على آل إبراهيم إنك حميد مجيد
Allaahumma shalli ‘alaa Muhammad wa ‘alaa ahli baitihi wa ‘alaa azwaajihi wa dzurriyyatihi kamaa shallaita ‘alaa aali ibraahiim innaka hamiidum majiid ,wa baarik ‘alaa Muhammad wa ‘alaa ahli baitihi wa ‘alaa azwaajihi wa dzurriyyatihi kamaa baarokta ‘alaa aali ibraahiim innaka hamiidum majiid.
Artinya: Ya Allah berilah shalawat kepada Muhammad dan kepada ahli baitnya dan istri-istrinya dan keturunannya, sebagaimana Engkau telah bershalawat kepada Ibrahim, sesungguhnya Engkau Maha Terpuji (lagi) Maha Mulia. Dan berkahilah Muhammad dan kepada ahli baitnya dan istri-istrinya dan keturunannya, sebagimana Engkau telah memberkahi Ibrahim, sesungguhnya Engkau Maha Terpuji (lagi) Maha Mulia - HR. Ahmad

Baca juga: Hal Pokok yang Harus Anda Lakukan Sebelum Berzikir

[8]
اللهم صل على محمد و على آل محمد كما صليت على إبراهيم و على آل إبراهيم إنك حميد مجيد وبارك على محمد و على آل محمد كما باركت على إبراهيم و آل إبراهيم إنك حميد مجيد
Allaahumma shalli ‘alaa Muhammad wa ‘alaa aali Muhammad kamaa shol laita ‘alaa ibraahiim wa ‘alaa aali ibraahiim innaka hamiidum majiid, wa baarik ‘alaa Muhammad wa ‘alaa aali Muhammad kamaa baarokta ‘alaa ibraahiim wa aali ibraahiim innaka hamiidum majiid.
Artinya: Ya Allah berilah shalawat kepada Muhammad dan keluarga Muhammad, sebagaimana Engkau telah bershalawat kepada Ibrahim dan keluarga Ibrahim, sesungguhnya Engkau Maha Terpuji (lagi) Maha Mulia. Dan berkahilah Muhammad dan keluarga Muhammad, sebagaimana Engkau telah telah memberkahi Ibrahim dan keluarga Ibrahim,sesungguhnya Engkau Maha Terpuji (lagi) Maha Mulia - HR. Ahmad dan An Nasa-i

Penyusun
8 Shalawat yang Diajarkan Rasulullah ini Punya Segudang Manfaat, inilah Keutamaannya  8 Shalawat yang Diajarkan Rasulullah ini Punya Segudang Manfaat, inilah Keutamaannya Reviewed by Tabib Wira on August 26, 2021 Rating: 5