Ads Top

Cara Tentukan Arah Rumah dengan Primbon Jawa untuk Datangkan Rejeki Melimpah & Berkah

BINAJATI - https://binajati.blogspot.com

BINARASA - Memiliki rumah merupakan bagian penting dalam tatanan kehidupan masyarakat Jawa. Rumah atau Wisma diangap sebagai tolok ukur keberhasilan masyarakat Jawa ¬ Selain curiga (senjata pusaka), turangga (kuda), kukila (burung peliharaan) dan wanita (istri). 


Layaknya orang Jawa yang selalu menggunakan perhitungan dalam setiap tindakannya, demikian pula dalam proses pendirian rumah. 


Penentuan arah rumah bagi masyarakat Jawa merupakan hal yang sangat penting, karena hunian (rumah) tentunya akan digunakan dalam jangka waktu yang lama, sehingga membutuhkan kenyamanan dan faktor peruntungan bagi yang menghuninya


Pada jaman dahulu, masyarakat Jawa hampir tidak dijumpai rumah menghadap ke barat, dan demikian pula halnya rumah yang menghadap ke arah timur.


Baca juga: Cari Hari Baik Pernikahan, Pindah Rumah & Buka Usaha Menggunakan Primbon Jawa, Begini Cara Hirungnya


Rumah orang biasa (masyarakat umum, bukan bangsawan) pada umumnya menghadap ke arah utara atau ke selatan, sedangkan arah menghadap ke timur khusus dipergunakan untuk keraton. 


Tak hanya itu, tiap arah mata angin dipercayai ditunggu oleh dewa. Keempat arah mata angin yang dijaga oleh dewa yakni Timur ditunggui oleh Maha Dewa, Barat oleh Batara Yamadipati, Utara oleh Batara Wisnu dan Selatan oleh Batara Brahma. 


Adapun cara menentukan arah rumah adalah dengan menjumlah neptu (hitungan) hari kelahiran dan pasaran pada orang yang akan membangun rumah. Perhitungan Neptu tersebut adalah sebagai berikut,


Neptunya 7, 8, 13, 18 maka arah rumah menghadap ke arah utara atau ke timur. 


Neptunya 9, 14 arah rumah menghadap ke selatan atau ke timur. 


Neptunya 10 arah rumah menghadap ke selatan atau barat. 


Neptunya 11, 15, 16 arah rumah menghadap ke barat. 


Neptunya 12, 17 arah rumah menghadap ke utara atau ke barat. 


Neptu hari yakni Minggu (5), Senin (4), Selasa (3), Rabu (7), Kamis (8), Jumat (6), Sabtu (9). Sedangkan Neptu pasaran yakni Kliwon (8), Legi (5), Pahing (9), Pon (7), Wage (4). 


Baca juga: Inilah Hukum Meyakini Ramalan Zodiak Shio dan Primbon, Milenial Harus Tahu


Misalnya Anda lahir pada Rabu Wage, maka jumlah Neptu menjadi (Rabu = 7) + (Wage = 4) maka jika ditotal menjadi 14. Berdasarkan penghitungan Neptu tersebut, maka rumah sebaiknya didirikan dengan menghadap menghadap arah selatan atau ke timur. 


Sumber:

Krjogja.Com - Cara Perhitungan Jawa Menentukan Arah Rumah 

Cara Tentukan Arah Rumah dengan Primbon Jawa untuk Datangkan Rejeki Melimpah & Berkah Cara Tentukan Arah Rumah dengan Primbon Jawa untuk Datangkan Rejeki Melimpah & Berkah Reviewed by Tabib Wira on December 14, 2020 Rating: 5