Ads Top

Ternyata Doa Semoga Husnul Khatimah bagi Orang Meninggal Dunia Adalah Keliru, Ini Alasannya

BINAJATI - https://binajati.blogspot.com

BINAJATI - Kali ini kita mengulas doa yang sering diucapkan untuk orang wafat. Hampir semua orang mengatakan "semoga husnul khatimah" (akhir yang baik). Meski terdengar bagus, ternyata doa ini keliru untuk orang wafat. Doa "semoga husnul khatimah" ini tidak salah, namun keliru dalam penempatan waktu dan keadaannya.


Guru Besar UIN Sunan Ampel Surabaya, Prof DR KH Ahmad Zahro dalam satu tausiyahnya mengatakan, husnul khatimah itu adalah akhir hidup seseorang. Kalau orang yang sudah wafat berarti sudah dipastikan apakah husnul khatimah atau su'ul khatimah (akhir yang jelek). Harus diakui secara spritual, doa untuk orang wafat memang sampai dan berfaedah. Tetapi harus diingat, doa yang diucapkan harus pas (sesuai) dengan keadaan.


"Doa semoga husnul khatimah lebih tepat kepada orang yang masih hidup seperti kita. Misalnya, kita ucapkan moga-moga kita wafat dalam keadaan husnul khatimah, ini yang benar," terang Kiyai Ahmad Zahro saat mengisi kajian di di Masjid Al-Qadr Pepelegi Sidoarjo.


Kiyai Ahmad Zahro menjelaskan, seseorang yang sudah wafat itu sudah diputuskan apakah husnul (baik) atau su'ul (jelek). Doa ini tidak salah, tetapi salah waktu dan salah tempat. Karena yang bersangkutan sudah wafat. "Mau didoakan "husnul khatimah" juga kalau sudah ditetapkan su'ul khatimah ya tidak akan ngaruh," terang Kiyai yang juga Rektor Universitas Pesantren Tinggi Darul Uluml Jombang Jawa Timur.


Lantas apa doa yang pas untuk orang wafat? Setelah mengucapkan kalimat tarji atau istirja' (Innaa lillahi wa innaa ilaihi raji'un) maka ucapkanlah doa "Moga-moga diampuni dosanya". Berikut doa yang diajarkan Nabi shallallahu 'alaihi wasallam:


اللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ


Allahummaghfirlahu warhamhu wa 'afihi wa'fu 'anhu


Artinya: Ya Allah, ampunilah dia, berilah rahmat, berilah dia kesejahteraan, maafkanlah kesalahannya.


Baca juga: 9 Tanda Allah Menerima Istighfar dan Taubat Anda dengan Berjuta Keutamaan


Untuk perempuan, Allahummaghfirlaha warhamha wa 'afiha wa'fu 'anha. Kemudian ucapkan "semoga keluarga yang ditinggalkan sabar untuk menerima musibah ini".


Doa Meminta Husnul Khotimah yang Diajarkan Nabi


Semua orang tentu menginginkan wafat dalam keadaan husnul khatimah (akhir/penutup yang baik). Rasulullah SAWmengajarkan sebuah doa memohon husnul khatimah yang diriwayatkan oleh Imam Ath-Thabrani. Berikut doa yang diajarkan Rasulullah SAW:


اَللَّهُمَّ اجْعَلْ خَيْرَ عُمْرِي آخِرَهُ، وَخَيْرَ عَمَلِي خَوَاتِيمَهُ، وَخَيْرَ أَيَّامِي يَوْمَ أَلْقَاكَ فِيهِ


ALLOHUMMAJ'AL KHOIRO 'UMRII AAKHIROHU, WA KHOIRO 'AMALII KHOWAATIMAHU, WA KHOIRO AYYAAMII YAUMA ALQOO-KA FIIH


Artinya: Ya Allah, jadikanlah sebaik-baik umurku adalah umur yang terakhirnya, sebaik-baik amalku adalah amal-amal penutupannya dan sebaik-baik hariku adalah hari saat aku menghadap-Mu.


Selain doa di atas, Al-Imam Al-Habib Abdullah bin Alwi Al-Haddad (rahimahullah) berkata dalam Kitab An-Nashaih Ad-Diniyyah. "Setiap muslim harus senantiasa memohon agar Allah Ta'ala berkenan mewafatkannya dalam husnul khotimah, karena setan yang terkutuk akan berkata: "Aduhai! Orang yang memohon husnul khotimah itu telah mematahkan tulang belakangku, celaka, kapan ia mau membangga-banggakan amalannya, aku khawatir, ia telah mengetahui tipu dayaku."


Berikut doa yang diajarkan Imam Abdullah bin Alwi Al-Haddad:


اَللّهُمَّ اخْتِمْ لَنَا بِاْلاِسْلاَمِ وَاخْتِمْ لَنَا بِاْلاِيْمَانِ وَاخْتِمْ لَنَا بِالْخَيْرِ وَاخْتِمْ لَنَا بِالسَّعَادَةِ وَاخْتِمْ لَنَا بِحُسْنِ الْخَاتِمَةِ


ALLAHUMMAKHTIM LANAA BIL ISLAAMI, WAKHTIM LANAA BIL IIMAANI, WAKHTIM LANAA BIL KHOIRI, WAKHTIM LANAA BIS SA'AADAH, WAKHTIM LANAA BIHUSNIL KHOOTIMAH.


Artinya: Ya Allah akhirilah hidup kami dengan Islam, dengan membawa iman, dengan kebaikan, dengan kebahagiaan dan dengan husnul khotimah.


Baca juga: Sulit Menghadapi Sakaratul Maut? Inilah 4 Penyebab Utamanya dan Cara Mengatasinya dengan Mudah


Adapun doa tersebut dianjurkan dibaca setiap selesai salat fardhu lima waktu atau saat qiyamullail. Semoga Allah memberi kita taufik agar bisa mengamalkannya.


Berikut Tausiyah KH Ahmad Zahro yang disiarkan Channel AZAHRO OFFICIAL melalui saluran Youtube 6 September 2020:



Sumber:

Kalam.Sindonews.Com - Doa 'Semoga Husnul Khatimah' untuk Orang Wafat Ternyata Keliru

Ternyata Doa Semoga Husnul Khatimah bagi Orang Meninggal Dunia Adalah Keliru, Ini Alasannya Ternyata Doa Semoga Husnul Khatimah bagi Orang Meninggal Dunia Adalah Keliru, Ini Alasannya Reviewed by Tabib Wira on November 26, 2020 Rating: 5