Ads Top

Penetapan Idul Adha (10 Zulhijah) 2019, Inilah Fakta yang Harus Anda Tahu!

BINAJATI - https://binajati.blogspot.com

Waktu Pelaksanaan Ibadah Kurban (Idul Adha) 10 Zulhijah 1440 H / 2019 M - Cara memastikan pelaksanaan perayaan Idul Adha di tahun 2019 tidak keliru adalah dengan menggunakan metodelogi hisab dan rukyat.

Sesuai hisab LAPAN dari Kementrian Agama, perayaan Idul Adha (10 Zulhijah 1440 H/2019 M) jatuh pada Hari Minggu, 11 Agustus 2019 -LAPAN: Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional.

Fakta lainnya yang perlu anda tahu adalah prediksi dari LAPAN untuk perayaan Idul Adha hingga tahun 2021 tidak akan ada perbedaan antara pemerintah dan Ormas Islam.

Baca juga: 3 Tanda Orang yang Mendapatkan Makrifat karena Berkah Ramadhan, Bisa Jadi Anda?

Meski begitu, kepastian penetapan (awal Zulhijah) perayaan Idul Adha harus tetap menunggu hasil sidang itsbat Kementrian Agama.

2 Metodelogi untuk Menentukan Waktu Pelaksanaan Hari Raya Idul Adha 

1. Rukyatul Hilal


Dalam kalender Hijriah, penampakan bulan baru atau sabit yang merupakan penanda dimulainya bulan baru biasa disebut dengan hilal.

Utuk melihat hilal yang nampak di ufuk barat disebut dengan rukyat.

Biasanya rukyat dilakukan menjelang matahari terbenam di beberapa titik yang sudah ditentukan.

Dalam menentukan awal bulan baru, khususnya untuk menentukan awal Bulan Ramadan dan Bulan Zulhijah, rukyatul hilal dilakukan pada 95 titik pemantauan yang tersebar di 32 provinsi di Indonesia. Rukyatul hilal dimulai saat matahari terbenam atau waktu magrib. Dan jika ada (minimal) dua orang yang melihat hilal, maka hal itu sudah bisa dijadikan pedoman pergantian bulan baru. Bahwasanya malam itu sudah memasuki tanggal 1.

2. Hisab

Selain rukyatul hilal, metode lain untuk menentukan awal Ramadan atau awal Zulhijah adalah dengan metode hisab.

Dengan metode hisab, maka posisi hilal bisa diprediksi tanpa harus melihat posisinya (hilal).

Dengan perhitungan ilmu falak atau astronomi, metode hisab bisa dijadikan pedoman untuk menentukan bulan baru atau sabit. Sehingga penentuan bulan (Ramadhan dan Zulhijah) bisa dilakukan jauh-jauh hari. Dan bahkan penetapan awal Ramadhan dan bulan-bulan lainnya (Hijriyah) pada tahun depan bisa diprediksi dengan tepat.

Metode hisab untuk menentukan awal bulan baru, khususnya penetapan awal Ramadan dan Zulhijah (Idul Adha) biasa digunakan oleh Ormas Muhammadiyah.

Penetapan Awal Zulhijah dan Pelaksanaan Idul Adha Tahun 2019 Hasil Hisab Hakiki Wujudul Hilal dari Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah 

Dirilis dari situs resmi Muhammadiyah bahwasanya 1 Zulhijah 1440 H jatuh pada Jumat, 2 Agustus 2019. Hari Arafah (9 Zulhijah 1440 H) jatuh pada Sabtu, 10 Agustus 2019. Dan Hari Raya Idul Adha (10 Zulhijah 1440 H) jatuh pada Hari Minggu, 11 Agustus 2019.

BINAJATI - https://binajati.blogspot.com
Maklumat PP. Muhammadiyah
Ketetapan ini berdasarkan hasil hisab hakiki wujudul hilal yang dipedomani oleh Majelis Tarjih dan Tajdid PP. Muhammadiyah.

Demikianlah penetapan awal Zulhijah, Hari Arafah dan Idul Adha tahun 1440 H / 2019 M yang bisa memotivasi Anda.

Yogyakarta, 3 Juli 2019
Penulis: Thabib Wira

Baca juga: 6 Fakta Tingkat Keimanan Setelah Ramadhan, Anda Termasuk yang Mana?
Penetapan Idul Adha (10 Zulhijah) 2019, Inilah Fakta yang Harus Anda Tahu! Penetapan Idul Adha (10 Zulhijah) 2019, Inilah Fakta yang Harus Anda Tahu! Reviewed by Tabib Wira on July 03, 2019 Rating: 5